Survey Proyek Diversivikasi Susu Reject di Tulungagung


Survey Proyek Diversivikasi Susu Reject di Tulungagung (by Andrie-2011)

            Kabupaten Tulungagung sebagai daerah pertanian dan peternakan tampak dari adanya pameran pertanian yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Tunlungagung. Pada pameran tersebut masing – masing kecamatan memperlihatkan hasil pertaniannya.

            Pada proyek kali ini Bu Wiratni ingin mengolah kotoran sapi menjadi produk biogas. Gama Earth mendapat bagian untuk membuat proposal untuk Dikti yang mana proposal itu berkaitan dengan kelanjutan dari proyek Bu Wiratni mengenai biogas. Di rumah masing – masing warga di daerah tersebut kebanyakan terdapat sapi dan yang terjadi adalah kotoran sapi dialirkan melalui selokan untuk selanjutnya dibuang ke sungai. Kenyataanya kotoran sapi tersebut bisa diolah menjadi biogas. Dan tidak berhenti di situ permasalahannya, ternyata warga di daerah tersebut juga menyetor susu produksi sapi mereka ke pengumpul untuk dilanjutkan ke pabrik. Parahnya jika susu yang disetor tidak sesuai dengan standard maka susu yang jumlahnya tidak sedikit tersebut dibuang ke sungai juga. Padahal susu tersebut juga masih bernilai ekonomis.



            Pada proyek kali ini kita merencanakan sebuah program yang berkelanjutan. Program tersebut terdiri dari pendidikan untuk warga di desa tersebut untuk mengolah susu menjadi produk turunan susu yang bernilai ekonomis. Produk yang menjadi awal program ini adalah rambak susu dan permen susu mengingat Tulungagung juga terkenal dengan rambaknya. Warga di daerah tersebut sebenarnya sudah memiliki inisiatif dan menginginkan untuk mengolah susu yang mereka produksi. Tetapi dikarenakan kemampuan yang belum mencukupi dan ketidakyakinan akan prosedur pengolahan maka belum ada hasil yang diperoleh.


Lokasi akan dibangunnya pengolahan biogas
            Proses pembangunan tempat pengolahan biogas sudah hampir dimulai. Biogas tersebutlah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mengolah produk turunan susu sehingga terdapat konsep zero waste di sini. Nantinya proses pengolahan susu sapi tersebut awalnya akan dilakukan di rumah warga. Tetapi jika dana mencukupi maka akan digabung dengan tempat pengolahan biogas. Setelah jadi, pemasaran produk tersebut akan difokuskan ke daerah Tulungagung dahulu.
            Warga daerah tersebut akan dikirim ke Jogja untuk mengkuti training mengenai pengolahan susu menjadi rambak susu dan juga permen sus bekerja sama dengan Teknologi Pertanian. Biaya yang akan dimasukkan ke dalam proposal terdiri dari biaya transportasi dan akomodasi untuk kita mengawasi jalannya proyek di Tulungagung, biaya pelatihan, pengadaan alat dan bahan , serta modal awal.

No comments:

Post a Comment