Energy and Water Saving Campaign

Energy and Water Saving Campaign (by Lutfi 2011)

Hello earth saviour! How are you?

Pada beberapa posting sebelumnya sudah dibahas mengenai Grand Launching Energy and Water Saving Campaign. Namun, apa sih kegiatan EWSC yang sebenarnya? Nah, di posting ini akan saya ulas lebih dalam.

Dari namanya sudah bisa kita ketahui bersama bahwa ini adalah kampanye agar warga Teknik Kimia mempunyai kebiasaan hemat air dan hemat energy. Bagaimanakah bentuk kampanye ini? Jadi setiap akhir bulan di hari Rabu, GamaEARTH akan membuka stand di koridor US. Apa sajakah kegiatannya?

1. Mini Mading
Di sana terdapat mading mini yang berisikan informasi tentang sustainable development (diambil dari knowledge sharing mingguan GamaEARTH). 

2. Sayembara
Kami mempunyai berbagai macam games juga loh. Ada sayembara TTS yang disebar beberapa hari sebelum kampanye. Setelah mahasiswa berhasil mengisinya, bisa ditukarkan dengan hadiah. Harus cepat ya karena hadiahnya hanya bagi 10 orang pertama. Hehehe.

3. SD Card
Bukan kartu memory Secure Digital yang biasa ada di handphone atau kamera loh. SD card adalah kartu permain tentang sustainable development (SD). Kartu ini adalah kartu mainan yang dibagian JEF waktu Mba Nisa dan Mas Andy lomba di Vietnam. Mau tau cara mainnya? Datang saja nanti pas kampanye. Dapat hadiah loh. Haha.

4. Free Drink
Ada jus gratis juga di stand kami. Bagaimana cara mendapatkan minuman ini? Ada dua cara yaitu kamu harus mempunyai kupon sepeda. Kupon ini biasanya disebar sehari sebelum kampanye. Kami menggantungkan kupon-kupon ini ke sepeda-sepeda yang terparkir di sekitar tekkim dan kpft. Nanti kupon itu bisa ditukar dengan minuman gratis. Cara kedua adalah dengan membawa tumbler sendiri. Let's use tumbler instead of plastic glass. Fungsinya adalah agar kita semua tidak memakai gelas plastik yang sekali pakai langsung dibuang. Hal ini mengencourge mahasiswa agar mengendarai sepeda ke kampus dan membawa tumbler (daripada beli air minum kemasan setiap harinya). Minuman ini hanya reward kecil bagi mereka yang telah peduli terhadap bumi ini :)

5. Exchange used paper
Siapa yang sudah pernah lihat notebook kreasi GamaEARTH? Nah, notebook tersebut terbuat dari kertas bekas loh. Kertas bekas yang masih kosong belakangnya kami sulap menjadi notebook yang indah. Saat kampanye, kamu bisa loh menukar setumpuk kertas bekas yang masih kosong belakangnya dengan satu buah notebook kami. 

contoh cover notebook. handdrawn by Lutfi

Sebenarnya masih ada beberapa hal mengenai kampanye ini yang belum terlaksana namun segera dilakukan. Misalnya memasang poster, berjualan baju, dll. Nantikan kami kampanye yaaaa. Jangan lupa naik sepeda, bawa tumbler, dan barter kertas bekas ;)

No comments:

Post a Comment