2012 Denso Youth For Earth Action


2012 Denso Youth For Earth Action (by Andy-2008)

Di tahun ke empat saya di Teknik Kimia, masih aja ada keinginan untuk mngikuti kompetisi seperti ini. Keinginan saya saat mengajukan kegiatan ini hanya ingin belajar lebih dalam mengerjakan proyek secara profesional. Salah satu daya tarik dari kegiatan DYEA ini menurut saya adalah di kegiatan ini kita akan dibimbing dalam menginisiasi dan melaksanakan proyek. Saya ingin belajar dari nol lagi bagaimana menginisiasi dan melaksanakan proyek. Saya memiliki keinginan untuk bekerja sebagai konsultan yang memiliki sistem kerja per proyek.



DYEA tahun ini dilakukan di Jakarta. Kegiatan utama kita dilakukan di sepanjang Sungai Ciliwung. Di sini kita mendapatkan bimbingan dari Jakarta Green Monster, sebuah NGO yang telah sukses melaksanakan proyek manajemen dan pengolahan sampah di Sungai Ciliwung. Selain mendapatkan ceramah singkat dan berkunjung langsung melihat hasil dari proyek mereka, kita juga mendapatkan pelatihan langsung bagaimana mengolah sampah. Kita (sebanyak 8 orang) mendapatkan pelatihan bagaimana mengolah sampah kertas bekas menjadi berbagai macam produk seperti bingkai foto, kotak tissue, dll. Selain itu kita juga diajari bagaimana membuat kompos dari sampah daun, membuat tas,dompet, dan kerajinan tangan lainnya dari sampah plastik minuman sachet, dll. Hal yang paling saya suka adalah saat di mana kita bisa langsung menanyakan kepada pihak JGM bagaimana usaha mereka menginisiasi proyek itu, bagaimana orang asing dapat mendapat kepercayaan dari warga setempat yang mana seperti orang betawi lainnya yang sangat resistant terhadap pendatang, bagaimana mempengaruhi orang lain (yang jauh lebih tua) untuk mau mengikuti proyek mereka, dll. Hal-hal yang hanya dapat didapatkan oleh orang lapangan seperti inilah yang bagi saya sangat berharga.



Mengikuti DYEA benar benar merupakan suatu pengalaman yang berharga bagi saya. Saya mendapatkan kesempatan untuk mengenal berbagai orang yang luar biasa dan mengagumkan, menjalin pertemanan dan jaringan yang walaupun kita hanya mengenal 2 hari saja tapi dapat membuat kita sangat akrab. 

No comments:

Post a Comment