Happy Mopping!


Happy Mopping! (by: Ihsan-2010)
  
Good day, Earth Rangers!
Di hampir setiap tempat yang banyak dikunjungi orang, seperti mal, rumah makan, pom bensin, taman bermain, masjid, dan juga kampus, selalu ada kamar mandi umum. Termasuk juga di kampus kami, kampus Teknik Kimia UGM.

Di kampus kami, terdapat dua belas kamar mandi yang bisa dipakai secara bebas oleh siapapun yang sedang berada di kampus kami, entah itu dosen, mahasiswa, atau tamu-tamu yang seringkali berkunjung. Kamar mandi yang ada di sini sebagian besar adalah kamar mandi baru yang dibangun menggunakan dana dari alumni jurusan kami, jadi kamar mandinya masih bagus.

Sayangnya sekarang-sekarang ini kamar mandi tersebut tidak sebagus dulu, bukan karena krannya tidak mengalirkan air atau alat pengering tangannya rusak, tetapi karena masalah yang sebenarnya sepele dan bisa dihindari dengan mudah: kotor. Pengguna kamar mandi ini, yang sebagian besar adalah mahasiswa, terkadang masuk menggunakan alas kaki yang kotor sehingga meninggalkan jejak yang tidak sedap dipandang mata, dan meskipun di dalam kamar mandi sudah disediakan alas kaki khusus, terkadang tidak semua mahasiswa mau melepas alas kakinya dan menggantinya dengan alas kaki tersebut karena tidak efisien, apalagi ketika dia sedang terburu-buru untuk ‘memenuhi panggilan alam’.

Berdasarkan hal tersebutlah maka Jurusan Teknik Kimia UGM bekerja sama dengan GamaEARTH meluncurkan program baru yang namanya menjadi judul tulisan kali ini: Happy Mopping. Program ini sangat sederhana: di setiap kamar mandi di Teknik Kimia UGM disediakan sebuah alat untuk mengepel lantai dan sebuah poster yang menghimbau semua pengguna kamar mandi tersebut agar mengepel lantai kamar mandi ketika mereka melihat lantai tersebut kotor, termasuk dosen dan mahasiswa.


                  
Keberadaan program ini diharapkan dapat menyelesaikan solusi lantai yang kotor, meringankan tugas cleaning service, dan juga menjaga agar kamar mandi di jurusan kami selalu sedap dipandang mata. Program ini juga dapat melatih kami untuk menjadi lebih bertanggung jawab dan menumbuhkan rasa memiliki serta menjaga bagian dari jurusan kami sendiri meskipun hanya sebagian kecil, seperti kamar mandi.




Inilah yang kami lakukan untuk menjaga lingkungan kami. Hal kecil mungkin, tapi kami yakin ini berarti.

Kamu?

No comments:

Post a Comment