School Green Ambassadors - Playing Big Ecofunopoly

GamaEARTH sebagai komunitas mahasiswa yang peduli akan isu sustainable development mulai mengadakan "ekspansi" ke luar kampus tahun ini secara resmi. Setelah berbagai macam kegiatan yang telah kami lakukan di Jurusan Teknik Kimia dan Fakultas Teknik, kali ini GamaEARTH mulai menyebarkan pentingnya isu Sustainable Development ke masyarakat luas.

Kegiatan penutup akhir tahun 2012 ini bernama School Green Ambassadors, sebuah rangkaian kegiatan untuk mengenalkan dan menanamkan konsep cinta lingkungan sejak dini kepada anak-anak di SMP 5 Yogyakarta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Melisa Pramesti Dewi (Jurusan Teknik Kimia UGM angkatan 2010). Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari pihak sekolah dan juga pihak luar yang terlihat dengan diterimanya kegiatan ini sebagai finalis dalam Climate Smart Leader 2012.

Pembentukan karakter anak dimulai sejak usia dini, dengan dikenalkannya kebiasaan cinta lingkungan sejak kecil maka kegiatan yang terlihat sepele ini akan dapat menghasilkan efek jangka panjang yang sangat besar. Sebanyak 20 orang ambassador diharapkan akan menjadi agent of change di kelas mereka masing-masing setelah mengikuti rangkaian acara interaktif dan edukatif dari tim SGA selama 2 bulan ke depan. Konsep pengenalan isu lingkungan dibuat se-interaktif dan semenarik mungkin dengan tujuan agar anak-anak merasa enjoy selama mengikuti kegiatan ini sehingga mereka akan menangkap berbagai wawasan baru tentang lingkungan dan pentingnya untuk menjaga kondisi lingkungan dengan lebih mudah.

Rangkaian kegiatan diawali dengan seleksi ambassador sampai terpilih masing-masing 1 orang perwakilan dari setiap kelas. Seluruh ambassador terpilih akan mengikuti rangkaian acara SGA secara gratis, yang meliputi permainan berwawasan lingkungan, diskusi interaktif tentang isu lingkungan, dan tur ke lokasi-lokasi ecotour.

Kegiatan pertama yang diberikan kepada para Ambassador ini adalah bermain big Ecofunopoly bersama-sama pada tanggal 15 Desember yang lalu. Ecofunopoly adalah permainan monopoly yang telah dimodifikasi sehingga seluruh aspek dalam permainan ini berhubungan dengan isu-isu lingkungan, dalam hal ini tentang pemanasan global. Dikatakan "big" karena untuk memainkan monopoly ini digunakan dadu yang super besar, dengan manusia sebagai bidaknya. :)

Para Ambassador Terlihat Antusias Mendengarkan Penjelasan dari Melisa Tentang Aturan Permainan Ecofunopoly.

Acara dimulai pk 09.00 di aula SMP 5 Yogyakarta. Para Ambassador dibagi menjadi 5 kelompok yang akan saling beradu dalam permainan Ecofunopoly. Permainan edukatif ini adalah karya salah seorang teman kami yangsangat berprestasi, Annisa Hasanah (mahasiswa IPB). Di samping menyenangkan, Ecofunopoly memberi banyak wawasan baru bagi anak-anak mengenai kondisi lingkungan saat ini dan apa langkah kecil berdampak besar yang dapat mereka lakukan untuk ikut menyelamatkan bumi.

 Para Ambassador Bermain Ecofunopoly

Kegiatan pertama ini bisa dibilang sangat sukses yang terlihat dari antusias para Ambassador dalam mengikuti acara ini.Satu hal yang dapat kita petik dalam acara ini adalah, jangan meremehkan suatu tindakan yang kecil, karena semua penyelesaian masalah rumit selalu dimulai dengan suatu tindakan kecil. :) Para Ambassador akan kembali mengikuti rangkaian acara SGA pada tanggal 22 Desember dengan agenda: Diskusi Interaktif/Weekly Sharing. 

 Para Ambassador Berfoto Bersama Tim SGA di Akhir Acara

No comments:

Post a Comment